IBX5980432E7F390 PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR HONDA - Belajar Ilmiah

PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR HONDA

PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR HONDA 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi yang semakin pesat seiring dengan peningkatan  peradaban manusia menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Dengan adanya persaingan mendorong setiap perusahaan untuk menciptakan keunggulan. Syarat yang harus di penuhi oleh suatu perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen dengan harga yang pantas (reasonable). Dengan demikian setiap perusahaan harus mampu memahami perilaku konsumen pada pasar sasarannya, karena kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya.
Apabila perusahaan sudah menetapkan strategi pemasarannya khususnya dalam kebijakan harga maka konsumen akan mempelajari, mencoba, dan menerima produk tersebut. Proses penerimaan konsumen pada suatu produk akan di implementasikan dalam suatu bentuk keputusan pembelian.
Perusahan Honda dipersepsikan memiliki Suku Cadang Sepeda Motor Honda yang sudah banyak laku terjual, itu semua tek tepas dari pengetahun konsumen menyadari tentang  produk. Anggapan bahwa produk Suku Cadang Sepeda Motor Honda merupakan produk yang berkualitas dunia, semua itu sudah dibuktikan dengan banyak peminat produk yang dihasilkan oleh perusahan Honda. Setiap konsumen akan menyadari setiap jenis produk yang ditawarkan dengan pengetahuan yang dia miliki. Konsumen juga sangat mempertimbangkan hal-hal yang menyangkut dengan produk baik kemudahan dalam perawatannya,kualitas produk dan lain sebagainya. Setiap konsumen baru akan memutuskan pembeliannya setelah mengetahui tentang produk yang akan digunakan. Pengetahuan konsumen terhadap produk keluaran sangat penting sebab apabila konsumen salah dalam memilih produk, maka  konsumen akan merasa kecewa dan akhirnya konsumen akan meninggalkan produk dan beralih keproduk lain.
Suku cadang sepeda motor honda merupakan produk impor dari negara jepang yang dihasilkan oleh Perusahan Honda Jepang. Dimana perusahan Honda mempunyai cabang di seluruh dunia. Kualitas suku cadang Honda sudah diakui oleh setiap kalangan, baik dari kalangan masyarakat internasional dan juga masyarakat indonesia pada khususnya. Masyarakat indonesia sudah tidak asing lagi dengan produk keluaran Jepang, dengan alasan kualitasnya produk suku cadang sepeda motor honda sudah memikat hati para konsumen yang ada di indonesia.Di kabupaten Pidie terkenal dengan masyarakat yang super hati-hati dalam hal memutuskan pembelian suatu produk, itu tercermin dari kalangan masyarakat  yang banyak menggunakan produk keluaran Jepang. Masyarakat Pidie sangat menyukai produk honda yaitu sepeda motor honda dan Suku Cadang Honda.
Pengetahuan tentang produk merupakan suatu kebutuhan konsumen dalam hal menilai suatu produk baik itu bersifat secara langsung ataupun secara tidak langsung. Pengetahuan tentang produk sangat dibutuhkan konsumen, dimana konsumen akan merasa puas ketika produk yang hendak dibeli terlebih dahulu tahu akan kualitas dan hal-hal yang penting tentang produk
Oleh sebab itulah perlu peran perusahan dan juga setiap elemen dalam mensosialisasikan produk yang akan di tawarkan kepada konsumen, sehingga konsumen mengetahui kelebihan dan tahu cara pemakaian produknya. Perusahan harus bekerja ekstra dalam hal pengenalan produk kepada konsumen walaupun harus mengeluarkan biaya besar, sebab ketika konsumen merasa loyal dan puas, konsumen akan memtuskan untuk setia sama satu produk yang diakuinya.
Pengambilan keputusan pembelian biasanya melibatkan beberapa alternatif. Sebelum memutuskan akan membeli suatu produk, maka akan dilakukan pertimbangan-pertimbangan terhadap berbagai aspek yang terdapat dalam produk, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan keingina konsumen. Menurut Kotler (2002:209), menyatakan bahwa proses pembelian secara spesifik terdiri atas urutan kejadian berikut: Pengenalan masalah kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian.
Perilaku konsumen merupakan sebuah studi tentang proses pengambilan keputusan pada individu, kelompok atau organisasi maupun masyarakat luas untuk menggunakan atau tidak terhadap suatu produk (barang, jasa dan ide). Proses pengambilan keputusan menjelaskan interaksi dinamis antara unsur-unsur (elemen) kognitif, efektif dan konatif atau psikomotorik; yakni dengan pendekatan satu arah (linier) maupun penetapan timbal balik (reciprocal deterministic).
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Berdasarkan kenyataan yang ada di masyarakat, ternyata produk Suku Cadang Honda  sangat diminati oleh konsumen, tetapi ada saja hambatan konsumen dalam hal keputusan pembelian, seperti konsumen setelah melihat produk suku cadang ada yang tidak langsung membeli, itu semua disebabkan oleh faktor-faktor  yang dipertimbangkan. Faktor yang menjadi penyebabnya antara lain adalah pengetahuan konsumen tentang produk dan ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian.Untuk mengetahui permasalahan yang ada maka penulis mengadakan penelitian yang didasarkan pada asumsi bahwa adanya keterkaitan yang erat antara pengetahuan tentang produk terhadap keputusan pembelian Suku Cadang Sepeda Motor Honda. Hal ini terbukti dengan adanya pengetahuan tentang produk timbul keinginan masyarakat atau konsumen untuk memutuskan pembelian.
Dari permasalahan diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul “PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR HONDA DI KABUPATEN PIDIE”

1.2 Perumusan Masalah:
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka beberapa permasalahannya adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana pengetahuan tentang produk suku cadang Sepeda Motor Honda di Kabupaten Pidie?
2. Bagaimana pengaruh pengetahuan tentang produk terhadap keputusan pembelian suku cadang Sepeda Motor Honda di Kabupaten Pidie?

1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan Dri penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui Bagaimana pengetahuan tentang produk suku cadang Sepeda Motor Honda di Kabupaten Pidie.
2. Untuk mengetahui Bagaimana pengaruh pengetahuan tentang produk terhadap keputusan pembelian suku cadang Sepeda Motor Honda di Kabupaten Pidie.

1.4 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang ingin diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menguatkan teori yang ada, mengenai perilaku konsumen khususnya mengenai keputusan pembelian Suku Cadang Sepeda Motor Honda.
2. Manfaat Praktis
Sebagai bahan pertimbangan perusahaan Honda dalam rangka menentukan strategi pengambilan keputusan mengenai strategi pengenalan produk untuk lebih menarik konsumen dan mengetahui faktor manakah yang paling mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian suku cadang Sepeda Motor Honda di Kabupaten Pidie.




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Pengertian Pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, berkembang serta mendapatkan laba. Perusahaan harus mempelajari apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen agar usahanya terus berjalan.
Pemasaran adalah proses sosial dan dengan proses itu individu dan kelompok mendapat apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 2005:10).
Peter Drucker seorang pakar terkemuka mengatakan orang dapat mengangap bahwa penjualan akan selalu dibutuhkan, akan tetapi tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri. Idealnya pemasaran harus menghasilkan pelanggan yang siap membeli yang dibutuhkan selanjutnya adalah menyedikan produk atau jasa tersebut.
2.1.1 Konsep Pemasaran
Falsah konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen. Kegiatan perusahaan yang berdasar pada konsep pemasaran ini harus diarahkan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Secara khusus dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran adalah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Swastha 2002:21).
 Dari defenisi tersebut perusahan memiliki konsekuensi seluruh kegiatan perusahaan harus diarahkan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan mampu memberikan kepuasan agar mendapat laba dalam jangka panjang. Organisasi perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran ini disebut organisasi pemasaran.
Konsep pemasaran juga menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan organisasi adalah menjadi lebih efektif dari pada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan pasar sasaran (Kotler, 2005:11).
Ada tiga faktor penting yang digunakan sebagai dasar dalam konsep pemasaran (Swastha, 2002:23):
a. Orientasi Konsumen
Pada intinya jika suatu perusahaan ingin menerapkan orientasi konsumen ini maka:
1. Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.
2. Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualan.
3. Menentukan produk dan program pemasarannya.
4. Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan  keinginan serta tingkah laku mereka.
5. Mentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitik beratkan pada mutu yang baik, harga yang murah atau model yang menarik.



Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

Artikel Terkait :

0 Komentar Untuk "PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR HONDA "

Posting Komentar