IBX5980432E7F390 Ulasan Tentang Definisi Sales Promotion Menurut para Ahli - Belajar Ilmiah

Ulasan Tentang Definisi Sales Promotion Menurut para Ahli

Ulasan Tentang Definisi Sales Promotion Menurut para Ahli

Definisi Sales Promotion 
Ulasan Tentang Definisi Sales Promotion Menurut para Ahli: Sales Promotion merupakan salah satu komponen Promotion mix di samping Advertising, Personal Selling dan Publicity. Dalam melakukan promosi penjualan (Sales Promotion), produsen harus dapat mengemas suatu tawaran seperti potongan harga, hadiah, undian, dan lain-lain yang dianggap menarik minat beli konsumen. Selain itu produsen juga dapat malakukan promosi penjualan dengan mengadakan kegiatan seperti: pameran, hiburan, demonstrasi produk, dan sebagainya yang dapat ditawarkan.

Menurut Buchari Alma (1992 : 139), Promosi penjualan adalah usaha untuk meningkatkan penjualan jangka pendek termasuk didalamnya display, show, eksposition, demonstration, hadiah, korting, jual obral.

Jerome MC Charty (1993 :418), “Sales promotion refers to from activies other than advertising, publicity and personal selling that stimulate interest , trial or purchase by final consumer or other in the channel.” Artinya, promosi penjualan berhubungn dengan kegiatan promosi lainnya seperti Periklanan, publisitas dan penjualan langsung untuk merangsang minat,   Mencoba atau membeli oleh konsumen akhir atau konsumen lainnya.

Sedangkan menurut Kotler (2000:681), Promosi penjualan terdiri dari kumpulan alat-alat insentif yang beragam, sebagian besar berjangka pendek, di rancang untuk mendorong pembelian suatu produk/jasa tertentu secara lebih cepat dan/atau lebih besar oleh konsumen atau pedagang.

Tujuan Sales Promotion
Tujuan merupakan petunjuk dalam menentukan alat-alat promosi penjualan yang cepat dan juga sebagai dasar dalam mengevaluasi pelaksanaan program tersebut. Tujuan-tujuan tersebut harus berdasarkan konsep dasarnya, yaitu program promosi penjualan ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilaksanakan perusahaan karena pengaruh utama yang diharapkan dari program promosi penjualan ini adalah untuk mendorong konsumen atau distributor melakukan tindakan pembelian.

Menurut Buchari Alma (2002:145) dalam bukunya manajemen pemasaran dan pemasaran jasa mengatakan bahwa tujuan promosi penjualan adalah sebagai berikut:
  • Menarik perhatian para pembeli baru.
  • Memberi hadiah atau penghargaan kepada konsumen atau pelanggan lama.
  • Meningkatkan daya pembelian ulang dari konsumen lama.
  • Menghindarkan konsumen dari peralihan ke merek lain.
  • Mempopulerkan merek atau meningkatkan loyalitas.
  • Meningkatkan volume penjualan jangka pendek dalam rangka memperluas market share jangka panjang.


Menurut Fandi Tjiptono (1999;218), tujuan promosi penjualan dapat direalisasikan sebagai berikut:
  • Meningkatkan permintaan dari para pemakai industrial dan konsumen akhir.
  • Meningkatkan kinerja pemasaran sementara.
  • Mendukung dan mengkoordinasikan kegiatan personal selling.


Bentuk-bentuk Sales Promotion
Beberapa bentuk promosi penjualan yang dapat dilakukan oleh perusahaan menurut Alma dalam Saputra (2004:18) , sebagai berikut :
a. Display
Display ialah keinginan membeli sesuatu yang tidak didorong oleh seseorang tapi didorong oleh daya tarik atau oleh penglihatan ataupun oleh perasaan lainnya.
b. Show
Untuk Sales Promotion, sering juga digunakan Show. Mengenai Show ini sudah banyak kita kenal dimasyarakat kita, seperti mode Show, batik Show dan lain-lain.
c. Exposition
Exposition merupakan alat yang sangat ampuh untuk promosi tingkat internasional. Expo diadakan selang beberapa tahun diberbagai negara didunia, yang diikuti oleh para produsen kaliber dunia dengan memamerkan barang-barang teknoligi muktahir.
d. Demonstration
Memperlihatkan pada khalayak ramai, percobaan demonstrasi dalam pembuatan suatu produk, atau peragaan alat kosmetik, misalnya menjual alat-alat rumah tangga yang sering didemonstrasikan didepan sekelompok ibu-ibu.
e. Trading Stamp
Trading Stamp adalah cap dagang yang diberikan pada bon penjualan. Cap-cap tersebut disimpan oleh para langganan dan bila mereka telah berhasil mengumpulkan suatu jumlah tertentu, mereka mendapatkan premium dan mungkin juga diberikan dalam bentuk uang atau barang.
f. Packaging
Para konsumen mungkin akan memandang suatu barang lebih dari lain hanya disebabkan oleh Packagenya (pembungkus), walaupun isi dan kualitasnya sama.
g. Labeling
Labeling adalah suatu keterangan atau ciri dari suatu produk. Grade Labeling ialah mencantumkan keterangan tentang ciri barang. Descriptive Labeling adalah penempatan keterangan-keterangan secara terinci, misalnya unsur analisa kimia, ukuran, warna, presentase campuran, penggunaan produk, dan sebagainya yang sering dijumpai pada pembungkus obat.
h. Special Sales
Special Sales ini dapat dilakukan untuk semua barang-barang yang dijual dalam suatu toko, tetapi dapat juga departemen tertentu dari toko itu. Biasanya barang-barang yang ditawarkan dalam special sales ini mengalami penurunan harga dan memang umumnya konsumen mengharapkan price reduction itu

Demikianlah uraian singkat tentang Ulasan Tentang Definisi Sales Promotion Menurut para Ahli, semoga bermanfaat untuk pembaca

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Ulasan Tentang Definisi Sales Promotion Menurut para Ahli"

Posting Komentar