Analisis Pengaruh Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian
Analisis Pengaruh Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam menghadapi persaingan pemasaran yang semakin tajam, seorang produsen tidak boleh terpaku oleh bentuk produk yang menawarkan manfaat dasarnya saja. Persaingan sekarang ini umumnya terjadi pada tingkat produk tambahan yang meliputu tambahan jasa dan manfaat yang akan membedakannya dari produk pesaing. Sebagaimana di ungkapkan Levit dalam Kotler (2000:449).
Beureunuen adalah barometer perekonomian Pidie. Kota ini terletak ±15 km dari Sigli yg merupakan Ibukota dari Kabupaten Pidie. Beureunuen juga merupakan sentral dagang dari beberapa kecamatan disekitar.
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Dalam kemasan suatu produk, pemberian kemasan bisa berarti kecil maupun besar sesuai dengan jenis produknya. Kalangan pemasar menganggap masalah kemasan sebagai faktor ke lima setelah “4P” price, place, product, promotion. Ini berarti menunjukan betapa pentingnya peranan kemasan di dalam memasarkan produk-produk perusahaan. Kemasan telah menjadi alat pemasaran sebab peran kemasan bisa menciptakan nilai tersendiri bagi konsumen dan anti promosi anal bagi pihak perusahaan atau produsen.
Tujuan perusahaan dari kemasan produk itu sendiri adalah bagaimana produknya dapat meraih perhatian dan di beli oleh konsumen. Perusahaan atau home industri yang berkecimpung dalam bisnis Emping Melinjo di Kabupaten Pidie membutuhkan kemasan yang sekaligus mampu memberi perlindungan yang baik dan berdaya tahan tinggi terhadap produk-produknya, tetapi juga memiliki daya tarik yang tinggi terhadap konsumen.
Selain itu kemasan Emping Melinjo di Kabupaten Pidie juga harus semakin praktis, ekonomis, dan bermutu tinggi. Perpaduan antara bahan kemasan, daya tarik kemasan dan estetika menjadi tuntutan yang harus di penuhi oleh suatu kemasan Emping Melinjo di Kabupaten Pidie. Disini penulis membahas mengenai kemasan Emping Melinjo di Kabupaten Pidie. Obyek produk penelitian Emping Melinjo berpusat di Kabupaten Pidie sebagai salah satu Kabupaten di Aceh penghasil Emping Melinjo yang pertama kali membuat emping tersebut.
Sekarang ini perkembangan kemasan suatu produk mengalami perkembangan dan perubahan yang sangat pesat misalnya, dalam bentuk kemasan, bahan kemasan, komposisi warna kemasan dan unsur-unsur kemasan lainnya. Kulit luar produk identik dengan kemasan. “pembungkus dapat diartikan sebagai kegiatan secara umum dalam dalam perencanaan barang (Swasta,2001 : 139).
Dari permasalahan di atas dan terdorong oleh rasa ingin mengetahui secara lebih lanjut mengenai pengaruh kemasan terhadap konsumen dalam menentukan pembeliannya maka, penulisan skirpsi ini mengambil judul “Analisis Pengaruh Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Emping Melinjo di Pasar Beureunuen Kabupaten Pidie”
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas yang menjadi permasalahan dalam pembahasan selanjutnya adalah “Bagaimanakah pengaruh kemasan terhadap keputusan Pembelian Emping Melinjo di Pasar Beureunuen Kabupaten Pidie” ?
1.3 Tujuan Penelitian
Penulisan dalam rangka penyusunan skripsi ini mempunyai tujuan yang hendak dicapai, sehingga penulisan skripsi ini akan lebih terarah dan dapat mencapai sasarannya. Adapun penulisan ini bertujuan :
1. Untuk mengetahui pengaruh kemasan terhadap keputusan Pembelian Emping Melinjo di Pasar Beureunuen Kabupaten Pidie.
2. untuk mengetahui bagaimana fungsi kemasan hubungan kemasan dalam memasarkan produk.
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat penulisan yang diharapkan melalui penulisan skripsi ini adalah:
a. Secara Teoritis
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan bahan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu penelitian dalam bidang Manajemen Pemasaran kaitannya dengan keputusan pembelian konsumen.
b. Manfaat Praktis
1. Bagi Perguruan Tinggi
Memberikan informasi mengenai pengaruh kemasan terhadap keputusan Pembelian.
2. Bagi Perusahaan
0 Komentar Untuk "Analisis Pengaruh Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian"
Posting Komentar