Pengaruh Harga dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hp Android di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Persaingan dalam memperebutkan konsumen semakin lama menjadi semakin ketat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya alternatif produk yang dapat dipilih oleh konsumen. Munculnya produk-produk yang inovatif secara terus-menerus dalam waktu yang relatif singkat menuntut perusahaan untuk berupaya mengembangkan produk-produknya agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian terhadap produk-produk yang mereka tawarkan.
Keputusan membeli suatu produk ada pada diri konsumen karena pasar menyediakan berbagai pilihan produk dan merek yang beragam. Konsumen bebas memilih berbagai produk dengan mengggunakan berbagai kriteria yang sesuai dengan kebutuhan. Para pemasar yang memahami keinginan konsumen memilih suatu produk, memungkinkannya mempengaruhi keputusan pembelian dan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk memenangkan kompetisi pasar.
Salah satu industri yang mengalami persaingan ketat saat ini adalah industri Hand Phone. Hand Phone Android sudah menjadi kebutuhan sehari-hari di dalam kehidupan manusia, dan pada saat ini semakin banyak jenis dan merek Hand Phone Android yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, konsumen memiliki kekuatan yang sangat besar dalam menentukan pilihannya, konsumen juga akan semakin jeli dan kritis dalam memilih Hand Phone Android yang ada. Konsumen akan menggunakan produk Hand Phone Android yang menurut persepsinya terbaik.
Dari sekian banyak merek Hand Phone Android yang ada di pasaran, konsumen biasanya menggunakan faktor-faktor seperti kemasan, kualitas, merek dan harga sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pembelian Hand Phone. Kemasan yang menarik akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian, hal ini sejalan dengan teori perilaku konsumen secara psikologis yang mengatakan bahwa seorang konsumen akan melakukan pengamatan terhadap barang yang akan dibeli dan digunakan oleh konsumen. Kemasan produk yang manarik akan mendorong seorang konsumen untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam penggunaan maupun penyimpanan sehingga konsumen merasa puas. Desain yang unik, ukuran yang bermacam-macam, warna, bentuk dan informasi yang diberikan pada kemasan akan semakin mempengaruhi konsumen dalam menentukan pilihan produk.
Kualitas yang baik juga merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi perusahaan jika ingin produknya laku di pasaran. Sehingga perusahaan akan selalu memberikan kualitas terbaiknya kepada konsumen agar konsumen terus melakukan pembelian terhadap produk yang mereka tawarkan.
Dalam bisnis yang sangat ketat merek menduduki peranan besar terutama dengan penilaian konsumen terhadap kualitas atau mutu produk, sehingga merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Begitu pula dengan harga, harga memiliki peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Keputusan membeli suatu produk sepenuhnya ada pada diri konsumen karena pasar menyediakan berbagai pilihan produk dan merek yang beragam. Konsumen bebas memilih berbagai produk dengan mengggunakan berbagai kriteria yang sesuai dengan kebutuhan, selera, daya beli, mutu yang baik, dan harga yang lebih murah.
Fakultas Ekonomi Univerrsitas Jabal Ghafur merupakan salah satu tempat pendidikan di Kabupaten Pidie. Walaupun fasilitas tempat pendidikannya masih kurang, masih banyak mahasiswa yang menyukai Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur. Mahasiswa Jabal Ghafur umunya menggunakan Hand Phone Android dengan bermacam merek. Seiring berkembangnya teknologi, kebanyakan mahasiswa mengikuti keadaan di lingkungan mereka, Hand Phone Android cukup terkenal di kalangan mahasiswa Jabal Ghafur khususnya Fakultas Ekonomi. Kebanyakan mahasiswa Fakultas Ekonomi menggunakan Hand Phone Android dengan berbagai tipe dan merek.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Keputusan pembelian merupakan Proses pembelian secara spesifik terdiri dari urutan kejadian berikut: pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Tugas pemasar adalah memahami perilaku pembeli pada tiap-tiap tahap dan pengaruh apa yang bekerja pada tahap-tahap itu. (Setiadi, 2003: 16).
Merek (brand) telah menjadi elemen penting yang berkontribusi terhadap kesuksesan sebuah organisasi pemasaran, baik perusahaan bisnis maupun nirlaba, manufaktur maupun penyedia jasa, dan organisasi lokal maupun global. Menurut UU Merek No. 15 Tahun 2001 pasal 1 ayat 1 merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam perdagangan barang atau jasa. (Tjiptono, 2005: 2)
Harga adalah jumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa. Secara luas didefenisikan sebagai sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk jasa tersebut. Dari defenisi tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk memiliki atau memperoleh manfaat dari suatu produk atau jasa, konsumen/ pelanggan dibebankan sejumlah uang untuk ditukarkan.
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan sebelumnya, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: “Pengaruh Harga dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hp Android di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur”
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dirumuskan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana pengaruh Harga Terhadap keputusan Pembelian HP Android di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur ?
2. Bagaimana pengaruh Merek Terhadap keputusan Pembelian HP Android di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur ?
3. Di antara variabel harga dan merek, manakah variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan Pembelian HP Android Di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur ?
1 .3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk melihat bagaimana pengaruh Harga Terhadap keputusan Pembelian HP Android di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur.
2. Untuk melihat bagaimana pengaruh Merek Terhadap keputusan Pembelian HP Android di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur.
3. Untuk mengetahui diantara variabel harga dan merek, manakah variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan Pembelian HP Android di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur.
1.4 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dengan diadakannya penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Bagi perusahaan,
Penelitian ini memberikan masukan bagi perusahaan dalam mengetahui berpengaruh penerapan kebijakan Harga dan Merek yang digunakan sehingga berpengaruh terhadap keputusan pembelian
2. Bagi penulis,
Penelitian ini dapat bermanfaat untuk memperluas wawasan dalam bidang yang diteliti dan memperdalam pengetahuan dalam manajemen pemasaran khususnya mengenai berpengaruh terhadap keputusan Pembelian HP Android.
3. Bagi pihak lain,
Penelitian ini bermanfaat sebagai informasi tambahan untuk penelitian lebih lanjut.
.
0 Komentar Untuk "Pengaruh Harga dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hp Android di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur"
Posting Komentar