IBX5980432E7F390 Analisis Pengaruh Model dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Hand Phone Black Berry Pada Kalangan Wanita di Kabupaten Pidie - Belajar Ilmiah

Analisis Pengaruh Model dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Hand Phone Black Berry Pada Kalangan Wanita di Kabupaten Pidie

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Dewasa ini dunia telekomunikasi telah berkembang dengan pesat, alat telekomunikasi digunakan untuk mencari dan menerima informasi dengan lawan bicaranya sehingga terjadi hubungan timbal-balik antar keduanya atau lebih. Kecanggihan alat komukasi yang telah menyababkan seseorang merubah prilakunya,baik secara sengaja atau tidak di sengaja. Keberadaan Hand Phone Black Berry telah mengubah pola hidup seseorang, dimana terdapat kesenjangan perbedaan pemikiran timbul dari seseorang.
Perkembangan dunia saat ini berjalan dengan pesat, yang menciptakan suatu persaingan yang semakin ketat. Hal ini yang menuntut produsen untuk lebih peka, kritis dan reaktif terhadap perubahan yang ada, baik politik, sosial budaya, dan ekonomi. Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat mencapai sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen dengan harga yang pantas.
Dengan demikian, setiap perusahaan harus mampu memahami kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya. Perusahaan harus bekerja keras membuat kebijakan- kebijakan strategis baru dalam menjual produk dan jasa mereka dalam kaitannya menghadapi persaingan yang ketat dengan competitor yang dapat memberikan value yang lebih besar kepada customer. Pada dasarnya dengan semakin banyaknya pesaing maka semakin banyak pula pilihan bagi pelanggan untuk dapat memilih produk yang sesuai dengan apa yang menjadi harapannya. Sehingga konsekuensi dari perubahan tersebut adalah pelanggan menjadi lebih cermat dan pintar dalam menghadapi setiap produk yang diluncurkan di pasar. 
Di kabupaten pidie terdapat masyarakat yang merupakan kebanyakan masyarakat dari golongan menengah kebawah, dari hasil pengamatan masyarakat di Kabupaten Pidie bekerja  sebagai petani dan sebagian kecil sebagai PNS dan pegawai swasta. Akibat hadirnya Hand Phone Black Berry semakin terasa beban dari kalangan orang tua yang memiki anak-anak berusia dewasa dan sudah mengetahui kecanggihan dunia. Lebih parah lagi di Era keadaan ekonomi yang tidak menetu masyarakat pidie di hadapkan pada persoalan gaya hidup anak-anaknya.
Banyak golongan perempuan/wanita di Pidie sudah terkontaminasi oleh kecanggihan dunia. Pada tahun 2011 awal mula masuknya alat komunikasi yang bermerek Black Berry Wanita Pidie  masih bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Pada tahun selanjutnya Wanita Pidie sudah tidak bisa di bendung lagi keinginan untuk mencoba hal yang baru menyangkut alat komunikasi (Hand Phone). Model yang dirancang sudah tidak mampu menghalangi Wanita Pidie untuk menggunakan Hand Phone Black Berry. Hari demi hari keberadaan Black Berry sudah menguasai semua kebutuhan wanita di Pidie. Beranjak dari model wanita pidie sudah di pengaruhi oleh gaya hidup yang semakin merajalela, dimana wanita-wanita pidie tidak peduli dengan keadaan ekonomi orang tuanya karena sibuk mengurusi tuntutan gaya hidupnya yang sudah tak terbendung lagi.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Seiring dengan perkembangan zaman, maka dapat dikatakan bahwa Black Berry merupakan kebutuhan bagi masyarakat sebagai sarana baik untuk memperoleh informasi maupun untuk kebutuhan lainnya. Hal ini mengakibatkan perusahan Black Berry terus berupya untuk memfasilitasi konsumen dengan berbagai model produknnya kepada konsumen.
Akhir-akhir ini para usaha Conter HP yang menyediakan Black Berry semakin banyak di Aceh baik tingkat kabupaten maupun Kecamatan. Salah satunya yaitu kabupaten Pidie, dimana sejak hadirnya Black Berry kabupaten pidie pada tahun 2009. Prospek Usaha Conter HP pun semakin besar sehingga terjadi persaingan yang begitu tinggi. Mengingat tingkat persaingan terus meningkat, maka pihak pengelola Conter HP harus meningkatkan pengetahuan tentang kebutuhan konsumen khususnya pengguna Black Berry, untuk menarik pelanggan, dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggannya atau calon pelanggan lain.
Model merupakan salah satu permasalahan yang harus diperhatikan oleh persuhaan Black Berry, dikarenakan model merupakan faktor yang paling besar dalam mempengaruhi keinginan.keputusan pembelian konsumen. Oleh sebab itu perusahaan Black Berry mempunyai tugas yang sangat besar dalam memajukan produknya supaya dapat menyaingi dan menguasai pasar.
Gaya hidup hanyalah salah satu cara mengelompokkan konsumen secara psikografis. Gaya hidup pada prinsipnya adalah bagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya. Ada orang yang senang mencari hiburan bersama kawan-kawannya, ada yang senang menyendiri, ada yang bepergian bersama keluarga, berbelanja, melakukan kativitas yang dinamis, danada pula yang memiliki dan waktu luang dan uang berlebih untuk kegiatan sosial-keagamaan. Gaya hidup dapat mempengaruhi perilaku seseorang, dan akhirnya menentukan pilihan-pilihan konsumsi seseorang .
Pendekatan gaya hidup cenderung mengklasifikasikan konsumen berdasarkan variabel-variabel Activity, Interest, Opinion, yaitu aktivitas, interes (minat), dan opini (pandangan-pandangan). Menurut Setiadi sikap tertentu yang dimiliki konsumen terhadap suatu objek tertentu bias mencerminkan gaya hidupnya. Gaya hidup seseorang bias juga dilihat dari apa yang disenangi, ataupun pendapatnya mengenai objek tertentu. Gaya hidup hanyalah salah satu cara mengelompokkan konsumen secara psikografis. Gaya hidup pada prinsipnya adalah bagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya. Ada orang yang senang mencari hiburan bersama kawan-kawannya, ada yang senang menyendiri, ada yang bepergian bersama keluarga, berbelanja, melakukanaktivitas yang dinamis, danada pula yang memiliki dan waktu luang dan uang berlebih untuk kegiatan sosial-keagamaan.Kasali menyatakan bahwa gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang, dan akhirnya menentukan pilihan-pilihan untuk  kebutuhan seseorang.
Berdasarkan uraian di atas, dimana pasar selalu dinamis dan semakin menuntut pihak pemasaran untuk melakukan antisipasi pemasaran produknya, maka menarik untuk meneliti tentangAnalisis Pengaruh Model dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Hand Phone Black Berry Pada Kalangan Wanita di Kabupaten Pidie
1.2 Perumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, maka dapat dirumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana pengaruh model terhadap terhadap keputusan pembelian Hand Phone  Black Berry pada kalangan wanita di Kabupaten Pidie?
2.    Bagaimana penagaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian Hand Phone Black Berry pada kalangan wanita di KabupatenPidie?

1.3  Tujuan Penelitian
Adapun Tujuan yang ingin di peroleh adalah sebagai berikut:
1.    Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model terhadap terhadap keputusan pembelian Hand Phone Black Berry pada kalangan wanita di Kabupaten Pidie.
2.    Untuk mengetahui bagaimana penagaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian Hand Phone Black Berry pada kalangan wanita di Kabupaten Pidie.
1.4  Manfaat penelitian
Adapun manfaat yang ingin diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Manfaat Teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menguatkan teori yang ada,mengenai perilaku konsumen khususnya mengenai keputusan pembelian Black  Berry.
2.    Manfaat Praktis
Sebagai bahan pertimbangan Usaha Toko Ponsel/Conter HP dalam rangka menentukan strategi pengambilan keputusan mengenai produk Black Berry untuk lebih menarik konsumen dan mengetahui factormanakah yang paling mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian Black Berry di Kabupaten Pidie.








Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

Artikel Terkait :

0 Komentar Untuk "Analisis Pengaruh Model dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Hand Phone Black Berry Pada Kalangan Wanita di Kabupaten Pidie"

Posting Komentar