IBX5980432E7F390 TAKING ORDER BASED ON ANDROID MOBILE APPLICATION TO GET ITEM ORDERS INFORMATION FROM CUSTOMER - Belajar Ilmiah

TAKING ORDER BASED ON ANDROID MOBILE APPLICATION TO GET ITEM ORDERS INFORMATION FROM CUSTOMER


BAB I
PENDAHULUAN.

2. Latar Belakang Masalah

Android merupakan sistem operasi yang baru pada handphone. Saat ini mulai banyak yang memanfaatkan Android untuk melengkapi gaya hidup serta kebutuhan orang-orang yang suka terhadap perkembangan teknologi.
Dengan memanfaatkan hal itu, banyak perusahaan atau developer yang membuat dan mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan hal tersebut, maka kami terinspirasi untuk membuat suatu aplikasi pada Android sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan. Dimana perusahaan tersebut bergerak di bidang penjualan suatu barang dalam skala besar yang menginginkan suatu aplikasi yang dapat mempermudah interaksi dan mempunyai hasil yang akurat mengenai informasi pemesanan barang dari customer.
Dan terdapat masalah pada saat pemesanan barang yaitu bagaimana mengetahui sales benar- benar datang secara fisik ke toko yang telah terdaftar pada jadwal kunjungan tanpa menyalahgunakan aplikasi.
Misal dengan barcode yang ada disetiap toko, sales tersebut dapat membuktikan bahwa dia sudah datang secara langsung ke toko itu dengan men-capture barcode tersebut. Akan tetapi jaman sudah maju dan berkembang, barcode pun sudah bisa dibuat sendiri. Oleh karena itu perlu cara lain yang lebih akurat, dan kami mempunyai cara yaitu melalui GPS yang dapat dideteksi oleh aplikasi yang dibuat pada Android. 
Sehingga kami membuat aplikasi tersebut dengan nama “Taking Order Based on Android Mobile Application to Get Item Orders Information from Customers” yang akan memecahkan permasalahan dan mengatasi dalam mendapatkan informasi pemesanan barang secara lebih cepat.

3. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1. Merancang dan membuat sistem informasi mengenai toko yang harus dikunjugi untuk mendapatkan informasi pesanan barang dari customer.
2. Merancang dan membuat sistem informasi pemesanan barang menggunakan GPS dengan android.

4. Batasan Masalah
Dalam perancangan pembuatan alat ini terdapat beberapa pembatasan masalah, yaitu:
1. Sistem hanya menangani pemesanan barang.
2. Sistem mendeteksi sales dengan menggunakan GPS.
3. Android yang digunakan adalah android versi 2.1
4. Aplikasi ini hanya digunakan untuk suatu perusahaan yang mempunyai pemesanan barang dalam skala besar.

5. Tujuan
Tujuan dari system ini adalah :
1. Untuk membantu sales dalam hal pemesanan barang secara lebih cepat.
2. Untuk mencegah sales tidak melakukan kunjungan.
3. Untuk membantu sales dalam mengingatkan toko yang harus dikunjungi agar tidak terlewat.



6. Overview Sistem 


Sistem ini merupakan arsitektur aplikasi di Android yang akan diterapkan pada aplikasi yang akan kita buat.

Dengan arsitektur ZK's server-sentris, mengembangkan aplikasi Android sangat mudah. ZK pengembang mobile hanya perlu menulis MIL (Mobile Interaktif Bahasa) file dalam tag ZK tanpa memahami Android SDK rinci. MIL adalah bahasa yang memungkinkan pengembang untuk menulis halaman tanpa pemrograman. Karena kecenderungan kerangka server-sentris - aplikasi berjalan di server, pengembang tidak perlu kembali menyebarkan aplikasi ketika aplikasi update terjadi dan logika bisnis dikontrol di sisi server. Setelah aplikasi diinstal di server dan di-upgrade, pengguna akan mengakses versi yang paling update secara otomatis. Selain itu, logika bisnis berjalan pada server, sehingga memerlukan memori lebih sedikit di perangkat mobile.
Berdasarkan sistem diatas kemudian diterapkan pada aplikasi yang dibuat mengenai taking order, dimana pemakai aplikasi yaitu seorang distributor dari perusahaan. Dengan memakai aplikasi yang akan kami buat, diharapkan dapat membantu distributor tersebut dalam transaksi dan proses taking order yang dilakukannya terhadap customer pada list pendistribusian barang. Dan dapat dihasilkan data yang lebih akurat dengan penggunaan pendeteksian smart card atau melalui GPS pada android.
Pertama, seorang distributor mengambil data dari server yaitu list pendistribusian barang kepada customer yang harus dia layani dan dismpan pada aplikasi.
Kedua, distributor datang secara langsung ke toko milik customer, kemudian dengan menggunakan aplikasi ini, distributor tersebut men-scan smart card atau melalui GPS sebagai tanda bukti bahwa dia telah datang secara langsung ke toko itu. Hal ini dikarenakan agar data akurat dan tidak ada penipuan atau kecurangan dari suatu distributor bahwa dia telah datang ke customernya secara langsung.
Untuk transaksi taking order yang dicatat meliputi, jumlah barang, jumlah harga yang harus di bayar customer, tanggal transaksi, dll.
Ketiga, pada proses taking order selesai, data akan disimpan didalam aplikasi pada storage yang ada pada android. Kemudian setelah dalam jangka waktu tertentu dan data sudah terkumpul, maka masing- masing distributor tersebut setor datanya ke dalam server secara berkala dan terus menerus. 
7. Metode Kerja
Metodologi adalah kerangka teoritis yang digunakan oleh penulis untuk menganalisa, mengerjakan atau mengatasi masalah yang dihadapi. Metode penelitian sangat penting karena baik buruknya hasil penelitian tergantung dari metodologi yang digunakan. 
Metodologi dalam pelaksanaan tugas akhir ini adalah sebagai berikut.
1. Studi literatur
Pada tahap ini akan dilakukan studi terhadap literatur-literatur yang berhubungan dengan Android.
2. Diskusi kelompok
Diskusi kelompok mengenai materi dan kegiatan yang berhubungan dengan  topik TA.
3. Bimbingan
Bimbingan tugas akhir dilakukan dengan dosen pembimbing, diantaranya membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan topik tugas akhir.
4. Pengembangan aplikasi
Metodologi yang akan digunakan dalam pengembangan Sistem ini adalah Iterative and Incremental Development. Model pengembangan Iterative and Incremental Development dikemukakan dalam buku “Applying UML and Pattern” Third Edition oleh Craig Larman. Pada metode Iterative and Incremental Development dilakukan pengorganisasian beberapa tahap pengerjaan yang terkait pada waktu. Satu lamanya pengerjaan tahap-tahap pekerjaan tersebut merupakan satu iterasi.
i. Iterasi pertama
Pada tahap ini akan dilaksanakan literatur-literatur yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi pada Android. 
ii. Iterasi kedua
Tahap selanjutnya adalah penerapan konsep pembuatan aplikasi menggunakan Android. 
iii. Iterasi ketiga
Pengolahan data-data yang diperlukan dan melakukan implementasi coding.

8. Metodologi Pelaksanaan
Metodologi adalah kerangka teoritis yang digunakan oleh penulis untuk menganalisa, mengerjakan atau mengatasi masalah yang dihadapi. Metode penelitian sangat penting karena baik buruknya hasil penelitian tergantung dari metodologi yang digunakan. 
Metodologi yang akan digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah Iterative and Incremental Development. Model pengembangan Iterative and Incremental Development dikemukakan dalam buku “Applying UML and Pattern” Third Edition oleh Craig Larman. Pada metode Iterative and Incremental Development dilakukan pengorganisasian beberapa tahap pengerjaan yang terkait pada waktu. Satu lamanya pengerjaan tahap-tahap pekerjaan tersebut merupakan satu iterasi. Adapun tahap-tahapnya dapat dilihat pada gambar 1

Gambar 1 Iterative and Incremental Development[8]

5. Requirement
Requirement merupakan tahap untuk memahami sistem yang ada dan yang akan dibuat. Agar mencapai tujuan dilakukan pemodelan sistem dengan menggunakan modelling tools. Setelah memodelkan sistem, selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap sistem yang sedang berjalan..

6. Design
Design merupakan tahap untuk merancang sistem yang sesuai dengan requirement yang telah ditentukan. Aktivitas yang dilakukan dalam tahap ini adalah perancangan basis data, perancangan struktur data, perancangan user interface, perancangan arsitektur aplikasi.

7. Implementation & Test & Integration & More Design
Implementation & Test & Integration & More Design merupakan tahap mengimplementasikan komponen-komponen yang telah dibuat pada tahap perancangan ke dalam bahasa pemrograman, melakukan pengetesan pada hasil implementasi, mengintegrasikan hasil dari berbagai tahap pekerjaan baik dalam iterasi yang sama maupun dari iterasi yang sebelumnya, dan melakukan perancangan ulang apabila terdapat ketidaksesuaian dengan system yang diharapkan. 

8. Final integration and system test
Final integration and system test merupakan tahap pengitegrasian system baik dengan yang berada pada iterasi yang sama setelah di-design ulang maupun dengan yang berada pada iterasi yang sebelumnya dan pengetesan pada system yang telah di integrasikan.

9. Jadwal Kegiatan
NO KEGIATAN MARET APRIL MEI JUNI JULI AGUSTUS
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Penetuan topik dan judul TA  
2 Studi literatur  
3 Penyusunan proposal  
4 Pengajuan proposal  
5 Seminar Proposal  
6 Analisis  
7 Design  
8 Implementasi & testing  
9 Penulisan dokumentasi program  
10 Seminar I  
11 Seminar II  
12 Seminar III  
13 Sidang TA  
14 Penyelesaian laporan TA  
15 Pengumpulan laporan TA  

Tabel 1. Jadwal kegiatan KoTA 07


Keterangan:
Setiap minggunya diadakan bimbingan TA dengan dosen pembimbing
  Iterasi ke-1
  Iterasi ke-2
  Iterasi ke-3
  Iterasi ke-4

10. Rencana Anggaran Biaya
No Komponen Biaya Volume Satuan Harga Satuan Jumlah Sub Total Keterangan
1 ATK 675.000  
Pulpen 1 Lusin 20.000 20.000 3 orang @ 4 pulpen
Pensil mekanik 3 Buah 5.000 15.000 3 orang @ 1 pensil mekanik
Isi pensil mekanik (2B, 0.5) 1 Lusin 10.000 10.000 3 orang @ 4 isi pensil mekanik
Penghapus karet 3 Buah 5.000 15.000 3 orang @ 1 penghapus karet
Tipe-x 3 Buah 4.000 12.000 3 orang @ 1 tipe-x
Penggaris besi 3 Buah 3.000 9.000 3 orang @ 1 penggaris besi
Kertas buram 1 Rim 20.000 20.000 untuk keperluan corat-coret
Kertas HVS A4 70 gram 6 Rim 30.000 180.000 untuk keperluan print draft laporan
Kertas HVS A4 80 gram 3 Rim 32.000 96.000 untuk keperluan print laporan
Tinta printer hitam (refil) 3 Set 35.000 105.000 1/2 set per bulan * 6 bulan
Tinta printer warna (refil) 3 Set 35.000 105.000 1/2 set per bulan * 6 bulan
Hekter 1 Buah 5.000 5.000  
Isi Hekter 2 Pak 2.000 4.000  
Paper clip 2 Pak 2.000 4.000  
Map plastik 2 Buah 15.000 30.000  
Isi binder (100 lbr) 9 Pak 5.000 45.000 3 orang @ 1/2 pak per bulan * 6 bulan
2 Transportasi dan Komunikasi 1.068.000  
Pulsa 25.000 18 Vourcher elektrik 26.000 468.000 3 simcard @ 1 voucher elektrik per bulan*  6 bulan
Akses internet 6 Biaya per bulan 100.000 600.000  
3 Penggandaan dan Penjilidan Dokumen 1.105.000  
Jilid hard cover 7 Jilid 15.000 105.000 2 pembimbing, 1 Polban, 1 JTK, 3 KoTA 18
Biaya fotocopy 9200 Lembar 100 920.000 asumsi penggandaan laporan TA 23 kali (4 seminar 1, 4 seminar 2, 4 seminar 3, 4 sidang TA, 7 laporan TA) @ 400 lbr
DVD blank 10 Keping 5.000 50.000 2 pembimbing, 1 Polban, 1 JTK, 3 KoTA 18, 3 cadangan
Box DVD 10 Buah 3.000 30.000 2 pembimbing, 1 Polban, 1 JTK, 3 KoTA 18, 3 cadangan
4 Lain-Lain 215.000  
Kabel terminal 1 Buah 15.000 15.000  
  Obat-obatan 1 200.000 200.000 Tolak angin, vit B-komplek, vit-C, obat batuk, obat sakit perut, minyak angin, dll
  TOTAL 3.063.000  


Tabel 2. Rencana Anggaran Biaya KoTA 
11. Pembimbing yang diharapkan
1. Joe Lian Min
2. Irwan Setiawan
3. Jonner Hutahaean
4. Nurjannah S
5. Bambang Wisnuadhi


Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "TAKING ORDER BASED ON ANDROID MOBILE APPLICATION TO GET ITEM ORDERS INFORMATION FROM CUSTOMER"

Posting Komentar