PENGERTIAN PEMASARAN DAN BAURAN PEMASARAN
Pengertian Pemasaran
Pengertian Pemasaran
Kegiatan Pemasaran sering disalah artikan dengan kegiatan penjualan dan promosi, sebenarnya pemasaran bukam hanya sekedar melakukan kegiatan penjualan promosi dan penjualan saja . Penjualan dan promosi merupakan salah satu dari beberapa fungsi pemasaran yang sebenarnya adalah mengidentifikasi kebutuhan konsumen, mengembangkan produk yang tepat, menetapkan harga, melaksanakan distribusi dan promosi yang efektif sehingga dapat dikatakan bahwa pemasaran itu merupakan rangkaian aktifitas dari proses sosial
Pemasaran adalah salah satu usaha yang paling penting dalam menjalankan sebuah perusahaan . Berikut ini merupakan beberapa definisi yang dipaparkan oleh ahli pemasaran, dengan suatu harapan kita bisa lebih mengerti dan memahami serta menimba ilmu lebih lagi dengan baik
1. Kotler ( 2000 : 9 )
Pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara mempertukarkan produk yanng bernilai dengan pihak lain.
2. Boyd, Walker, Larreche ( 2000 : 4 )
Pemasaran adalah suatu proses sosial yang melibatkan kegiatan – kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengtan pihak lain untuk mengem bangkan hubungan pertukaran.
3. Farrel ( 1995 : 4 )
Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan rancangan, dengan penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan,, barang dan jasa atau menciptakan pertukara yang memenuhi sasaran –sasaran individu dan organisasi
Degan berdasarkan beberapa pengertian pemasaran diatas, semnuanya mempunyai tujuan dan prinsip yang sam bahwa pemasaran tidak hanya berhubungan dengan penjuaklan dan promosi saja, melainkan juga merupakan aktivitas yang mempunyai dimensi sosial dan berorientasi pada pemuasan kebutuha dan keinginan konsumen melalui pertukaran.
Bauran Pemasaran
Pengertian bauran pemasaran menurut Kotler ( 2000 : 15 ) yaitu:
“ Marketing Mix is a set of marketing tools that the firm uses to persue its mark objectives in the target market “. Artinya bauran pemasaran adalah seperangkat alat yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran.
Menurut Kotler dan Amstrong ( 2001 : 71 ) :
Bauran pemasaran sebagai seperangkat alat pemasaran taktis dan terkontrol yang di padukan oleh perusahaan untuk mengahsilakn respon yang diinginkan pasar sasaran.
Sedangkan menurut Kotler ( 2000 : 82 ) :
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran. Dari definisi – definisi tersebut dapat kita simpilkan bahwa elemen – elemen bauran pemasaran tersebut merupakan alat yang dapat di kendalikan oleh perusahaan untuk memenuhi target pasar. Oleh karena itu perusahaan harus berusaha membentuk dan mengkombinasikan dalam proporsi yang tepat agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan .
Unsur – Unsur dalam Bauran Pemasaran
Mc. Carthy mengklasifikasikan alat – alat bauran pemasaran menjadi empat kelompok yang luas yang disebut empat P dalam pemasaran : Harga ( Price ), Tempat ( Place ), Promosi ( Promotion ) dan Produk ( Product ).
a. Harga ( Price )
Pengertian harga menurut Philip Kotler & Amstrong (1999; 302 ) adalah :
“ The amount of money charged for a product or services, or the sum of value that consumers exchange for benefet if having or using the product or service “
artinya harga adalah sejumlah uang yang dikeluarkan oleh suatu produk / jasa atau sejumlah nilai yang konsumen tukarkan untuk memperoleh manfaat dari penggunaan produk.
b.Tempat ( Place )
Pengertian tempat ( place ) di sini adalah berkaitan dengan kegiatan penyaluran produk produsen ke pihak konsumen ( distribusi ). Tempat merupakan segala aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mendistribusikan produknya kepada konsumen sasaran agar dapat tersedia dan diperroleh pada tempat dan waktu yang tepat oleh karena keputusan mengenai saluran distribusi ini sulit untuk diubah dan untuk penyesuaiannya membutuhkan waktu lama, maka keputusan mengenai saluran distribusi yang digunakan memerlukan pemikiran yang matang dengan memperhatikan karakteristik konsumen, karakterisitik perantara, karakteristik lingkungan. Dengan kata lain perusahaan harus dapat mengidentifikasi, merekrut dan menghubungkan berbagai penyelia fasilitas pemasaran untuk menyediakan produk dan pelayananya secara efisien kepada pasar sasaran.
c.Promosi ( Promotion )
Merupakan salah satu bauran pemasaran yang mutlak digunakan dalam usaha perusahaan untuk lebih memperkenalkan suatu produk, menarik minat serta mempengaruhi prilaku konsumen untuk berkonsumsi. Promosi juga dapat merupakan suatu aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya. Promosi merupakan dasar dalam bauran organisasi yang disajikan untuk memberitahukan, membujuk, dan mengingatkan pasar atas organisasi atau produknya. Kebijakan promosi tidak terlepas dari bauran promosi yang merupakan suatu kombinasi beberapa unsur seperti periklanan
( advertising ), penjualan perorangan ( personal selling ), promosi penjualan (sales promotion )dan publisitas.
d. Produk ( Product )
Pengertian produk menurut Philip Kotler ( 2000 ; 349 ) adalah :
“ Product is anything that can be offered to a market to satisfy a want or need “ art inya produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan
Merupakan elemen bauran pemasaran yang paling mendasar, yaitu kombinasi barang dan jasa yang di tawarkan oleh perusahaan kepada sasaran untuk dapat di konsumsi, dan memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen.
Agar produk dapat diterima oleh pasar,maka mengelola unsur produk termasuk perencanaan dan pengembangan produk atau jasa yang tepat untuk dipsarkan oleh perusahaan. Strategi yang dibutuhkan untuk mengubah produk yang ada, menmbah yang baru dan mengambil tindakan – tindakan lain yang mempengaruhi bermacam – macam produk.
0 Komentar Untuk "PENGERTIAN PEMASARAN DAN BAURAN PEMASARAN"
Posting Komentar