Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Sigli Kabupaten Pidi
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Kemampuan masyarakat dalam hal membedakanbentuk bauran pemasaran dan juga pelayanan berkualitas atau tidak kian hari kian selektif. Dalam bisnis jasa Perbankan Loyalitas Nasabah adalah tonggak agar suatu Perbankan terus berkembang. Nasabah yang dihadapi saat ini tentusaja berbeda denganNasabah beberapa dasawarsalalu. Hal ini menandakan bahwa masyarakat pasti akan jauh lebih kritis dalam menentukan Pemasaran dan kualitas pelayanan terbaik yang disediakan oleh Perbankan. Pelaku pemasaran dan pelayanan hendaknya menyikapi hal ini sebagaidorongan untuk meningkatkan bauran pemasaran dan kualitas pelayanan secaraoptimal.
Bauran Pemasaran jasa optimal merupakan Bauran Pemasaran jasa yang bermutu dan dapat membuat Nasabah merasa puas dan loyal terhadap apa yang disediakan oleh Perbankan. Mutu pelayanan mungkin dapat ditingkatkan dengan mudah, akan tetapi bagaimana menciptakan bauran pemasaran dan pelayanan yang bermutu dan dapat membuat loyalitas Nasabah merupakan sesuatu hal yang sulit diciptakan. Hal ini disebabkan loyalitas sangat tergantungpersepsi Nasabah yang mempunyai tingkat asumsi masing-masing.
Bank adalah suatu lembaga keuangan yang fungsi utamanya adalah mengumpulkan dan menyalurkan dana, pembiayaan, meningkatkan faedah atas dana masyarakat (dengan memindahkan dari pihak yang kelebihan dana yang mungkin kurang faedahnya kepada pihak yang membutuhkan). Pengertian bank menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan ke masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
PT. Bank Negara Indonesia(BNI) Tbk cabang Sigli adalah salah satu bank umum milik pemerintah yangada di kota Sigli. Berdasarkan Undang-undang No.7 Th.1992, bank umum dibagi menjadi dua, yaitu bank umum pemerintah dan bank umum swasta. PT. BNI Tbk didirikan oleh pemerintah untuk segala lapisan masyarakat baik untuk golongan menengah atas maupun golongan menengahke bawah. Hal tersebut dibuktikan dengan terdapatnya kantor cabangunit pembantu pada setiap Kabupaten/Kota.
PT. BNI Tbk cabang Sigli adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis perbankan, yang menjualdalam bentuk pelayanan atau jasa. Dalam mempertahankan kelangsungan perbankan yang menggunakan jasa loyalitasNasabah, maka pencapaian loyalitas Nasabah adalah faktor mutlak yang harus diutamakan. Loyalitas Nasabah salah satu faktor pentinguntuk tetap mem pertahankan nasabah agar tetap konsistenmenjadi nasabah BNI Cabang Sigli. Jika hal ini tidak dilakukan bukan tidak mungkin PT. BNI Tbk cabang Sigli akan tergeserdari persaingan bank- bank lain yang kian hari kian banyak bermunculan.
............................................
......................................................................
Menyikapi hal tersebut, tentunya pelaku bisnis terutama perbankan akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempengaruhi perilaku Nasabah untuk menjadi mitra maupun Nasabah terbaiknya. Pihak perbankan juga dituntut dapat secara jeli memprekdisikan perkembangan ekonomi mikro dan makro agar dapat menentukan hasil yang akan dicapai tidak hanya mengoptimalkan pendapatan yang berbasis pelayanan nasabah tetapi bisnis yang berbasis pada pelayanan calon nasabah. Problematika seperti ini tidak saja dialami oleh beberapa perusahaan manfaktur, akan tetapi juga dialami oleh perusahaan atau organisasi jasa yang dalam hal ini jasa perbankan. Hal ini juga dialami oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang Sigli Kabupaten Pidie.
Oleh karena itu, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang Sigli Kabupaten Pidie dituntut dapat memprediksikan bagaimana para nasabah akan merespon strategi pemasaran yang diterapkan. Agar dapat mencapai sasaran yang diinginkan, peran promosi turut menentukan keberhasilan produk perusahaan. Strategi pengembangan harus dibangun atas dasar adanya kesinambungan antara diferensiasi produk, saluran distribusi atau tempat yang strategis untuk melayani Nasabah, proses dan bukti fisik yang saling mendukung.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul : “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Sigli Kabupaten Pidie “
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian serta penjelasan yang telah dikemukakan pada latar belakang maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Apakah variabel-variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk (product), promosi (promotion), proses (process), orang (people) dan bukti fisik (physical evidence) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Pada pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Sigli Kabupaten Pidie.
b. Variabel manakah diantara produk, promosi, proses, orang dan bukti fisik yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Sigli Kabupaten Pidie.
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
a. Untuk mengetahui apakah variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, promosi, proses, orang dan bukti fisik berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Sigli Kabupaten Pidie.
b. Untuk mengetahui variabel apa dari bauran pemasaran jasa yang paling berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Sigli Kabupaten Pidie.
c. Untuk melengkapi tugas akhir dalam bentuk karya tulis seperti yang telah ada dalam peraturan perguruan tinggi.
1.4 Manfaat Penelitian
Penelitian dapat diharapkan dapat bermanfaat :
a. Sebagai bahan referensi bagi yang berminat untuk memperdalam masalah bauran pemasaran jasa dan loyalitas Nasabah.
b. Bagi penulis, selain sebagai syarat menyelesaikan pendidikan, juga dapat menambah ilmu pengetahuan bidang ilmu manajemen pemasaran, dan melatih penulis untuk dapat menerapkan teori-teori yang diperoleh dari perkuliahan.
c. Dengan melakukan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berguna bagi peneliti untuk dapat berpikir secara analisis dan dinamis dimasa yang akan datang.
CP: 085270353008
0 Komentar Untuk "Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Sigli Kabupaten Pidi"
Posting Komentar