IBX5980432E7F390 Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Televisi Layar Datar Merek LG Pada Toko Ari Prima Beureunuen Kabupaten Pidie - Belajar Ilmiah

Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Televisi Layar Datar Merek LG Pada Toko Ari Prima Beureunuen Kabupaten Pidie

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi yang semakin pesat seiring dengan peningkatan peradaban manusia menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Dengan adanya persaingan mendorong setiap perusahaan untuk menciptakan keunggulan. Syarat yang harus di penuhi oleh suatu perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen dengan harga yang pantas (reasonable).

Dengan demikian setiap perusahaan harus mampu memahami perilaku konsumen pada pasar sasarannya, karena kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya. Apabila perusahaan sudah menetapkan strategi pemasarannya khususnya dalam kebijakan harga maka konsumen akan mempelajari, mencoba, dan menerima produk tersebut. Proses penerimaan konsumen pada suatu produk akan diimplementasikan dalam suatu  bentuk keputusan pembelian.
LG dipersepsikan memiliki kualitas produk yang tidak kalah baiknya. Anggapan bahwa LG  merupakan Televisi  yang tahan lama dan mudah perawatannya telah membuat harga purna jual Televisi LG relative tetap tinggi dibandingkan televisi  lainnya. Pengembangan yang terus menerus dari LG seperti pengembangan dari sisi layar dan juga model, juga telah semakin memperkuat persepsi kualitas dari LG. Hal ini tentu saja sebagai bagian dari upaya membendung pesaing-pesaing yang kini semakin banyak bermunculan dan terus menerus berusaha mengikis pangsa pasar dari LG.
Dalam penerapannya, sustainable manufacturing akan berpengaruh banyak terhadap visi dan misi dari perusahaan karena sustainable manufacturing bukanlah hal yang mudah diterapkan dan pada awalnya memerlukan pemikiran serta pengorbanan yang cukup banyak sehingga sangat diperlukan komitmen yang kuat dan perusahaan dan dukungan dari masyarakat serta lingkungan sekitar dalam pelaksanaannya.
Akhir-akhir ini dapat dijumpai beberapa produsen alat-alat elektronik yang me-launchingprogram tukar tambah produk-produk lama dengan kondisi apapun dengan produk-produk baru mereka. Fenomena tersebut dapat dilihat sebagai langkah awal yang diambil produsen untuk mulai memikirkan after safes service yang mengarah pada proses reuse ataupun dam ulang terhadap produk-produk mereka yang berada di tangan konsumen. Program tukar tambah tersebut didukungjuga oleh faktor pemakaian aIat-alat elektronik yang semakin meningkat dari tahun ke tahun karena cepatnya perubahan teknologi dan tuntutan kemajuan jaman sehingga konsumen alat-alat elektronik semakin tertarik untuk membeli produk-produk elektronik terbaru yang ditawarkan dengan fitur-fitur yang lebih bagus dan berteknologi tinggi. Fenomena inilah yang menyebabkan dilihatnya sebuah kesempatan untuk mengubah strategi penjualan dari selling product menjadi selling lise. Salah satu produk elektronik yang banyak digunakan saat ini adalahTV. TV banyak digunakan oleh masyarakat, baik dari masyarakat kelas bawah sampai kelas atas. Saat ini banyak sekali produk TV dan berbagai jenis merek dan fitur yang ditawarkan di pasar dengan harga yang bersaing. Kondisi ini akan memacu konsumen memiliki tingkat pembelian yang tinggi terhadap produk TV. Sebagian dari mereka akan cenderung membeli produk TV yang berteknologi tinggi dan 'melupakan' begitu saja produk-produk lama.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Berdasarkan kenyataan yang ada di masyarakat, ternyata produk Televisi Layar Datar LG sangat diminati oleh konsumen, tetapi ada saja hambatan konsumen dalam hal keputusan pembelian, seperti konsumen setelah melihat produk LG ada yang tidak langsung membeli, tetapi ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Faktor yang menjadi penyebabnya antara lain adalah harga yang ditawarkan perusahaan pantas dan kualitas produknya sesuai dengan harga produk tersebut.
Untuk mengetahui permasalahan yang ada maka penulis mengadakan penelitian yang didasarkan pada asumsi bahwa adanya keterkaitan yang erat antara harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian LG. Hal ini terbukti dengan adanya harga dan kualitas produk yang sesuai dengan harapan konsumen Toko Ari Prima Beureunuen Kabupaten Pidie semakin meningkat.
Dari permasalahan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Televisi Layar Datar Merek LG Pada Toko Ari Prima Beureunuen Kabupaten Pidie”
1.2  Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1)        Apakah kualitas produk, harga berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen membeli produk televisi layar datar merek lg pada toko ari prima beureunuen kabupaten pidie ?
2)        Diantara kualitas produk dan harga manakah variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen membeli produk Televisi Layar Datar Merek Lg Pada Toko Ari Prima Beureunuen Kabupaten Pidie ?

1.3  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1)        Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan konsumen membeli produk televisi layar datar merek lg pada toko ari prima beureunuen kabupaten pidie.
2)        Untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen membeli produk televisi layar datar merek lg pada toko ari prima beureunuen kabupaten pidie.

1.4  Manfaat Penelitian
Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat, baik bagi perusahaan, bagi penulis dan juga bagi peneliti selanjutnya. Adapun manfaat yang diharapkan adalah:
1)        Bagi Perusahaan
Sebagai bahan masukan bagi perusahaan di dalam usaha pemasaran produknya, sehinggga dapat memperhatikan faktor-faktor yang dimiliki oleh produk yang mereka tawarkan.
2)        Bagi Penulis
Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk menerapkan teori-teori yang diperoleh selama di bangku kuliah serta memperluas wawasan penulis mengenai minat pembelian dan juga tentang manajemen pemasaran.
3)        Bagi Peneliti Selanjutnya
Penelitian ini kiranya dapat memberikan masukan atau sebagai bahan referensi bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian pada masa yang akan datang.

hubungi no HP: 085270353008



Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

Artikel Terkait :

0 Komentar Untuk "Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Televisi Layar Datar Merek LG Pada Toko Ari Prima Beureunuen Kabupaten Pidie"

Posting Komentar